10 Apr 2012

Indikator Kesuksesan Sebuah Organisasi


Pengertian dari organisasi yang sukses adalah sebuah organisasi yang mampu menghasilkan surplus pendapatan.
Sedangkan pengertian organisasi yang sukses menurut ‘Total Quality Management’ adalah suatu organisasi yang bermutu dan balanced scorecard.
4 Indikator organisasi yang sukses menurut TQM yaitu :
a.         Keuangan (financial)
Ø  Mampu mengembalikan modal
Ø  Keuntungan
Ø  Aset dimanfaatkan
Ø  Efektif
b.        Customer (respect customer)
Ø  Jumlah customer yang baru
Ø  Respect dan jumlah  non customer
Ø  Kecepatan waktu lanjutan customer
c.         Proses bisnis intern
Ø  Adanya siklus waktu
Ø  On time delivery
Ø  Efektifness
d.        Pembelajaran dan pertumbuhan
Ø  Kenaikkan skill
Ø  Kenaikkan indeks taraf hidup individu

 Indikator sebuah organisasi dikatakan sebagai sebuah organisasi yang sukses dari apa yang saya pahami dalam materi ilmu manajemen dapat dilihat dari :
1.       Dalam hal keuangan organisasi tersebut memperhatikan :
a.       Pemasukan keuangan
b.      Pemanfaatan secara optimal segala aset yang dimiliki dalam organisasi tersebut
c.       Pengeluaran keuangan yang diseimbangkan dengan pemasukan keuangan agar tidak terjadi minus anggaran
2.       Dalam hal customer (pelanggan) organisasi tersebut memperhatikan :
a.       Berapa intensitas customer baru yang masuk
b.      Berapa intensitas customer yang keluar dan non active
c.       Kecepatan layanan terhadap customer, dan peningkatan layanan yang semakin baik
3.       Memperhatikan kinerja anggota organisasi terhadap layanan yang ada dalam hal:
a.       Pelayanan yang tepat waktu
b.      Kinerja anggota dilapangan
c.       Pemanfaatan waktu dengan optimal
4.       Dalam hal keanggotaan harus memperhatikan
a.       Kemampuan anggota harus semakin meningkat dalam kurun waktu tertentu (terjadi peningkatan skill tiap anggota)
b.      Memperhatikan indeks kualitas anggota selama perjalanan kegiatan. (terjadi peningkatan ataukah tidak)

Tidak ada komentar: