10 Apr 2012

INDIKATOR MUTU ORGANISASI

Indikator Organisasi yang bermutu menurut Prinsip-prinsip TQM adalah sebagai berikut :

1. Atas Komitmen Manajemen
  • Manajemen harus memulai perencanaan untuk implementasi dan berpartisipasi dalam pekerjaan termasuk evaluasi proses dan hasil. Semua pemimpin senior dalam organisasi harus membuat orientasi pelanggan.

2. Fokus pada Pelanggan

  • Suatu prinsip sentral dalam TQM adalah bahwa semua produk dan proses harus selalu memiliki fokus pelanggan. Kualitas harus dihargai oleh pelanggan dan harus selalu dimasukkan ke dalam kaitannya dengan kebutuhan dan harapan mereka.
  • Organisasi harus didedikasikan untuk memuaskan pelanggan. Upaya ini harus jangka panjang dan berkesinambungan.
  • Untuk fokus pada pelanggan berarti, karena itu, bahwa seseorang mencoba untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan nilai dengan melakukan analisis pasar dan kemudian mencoba untuk memenuhi harapan pasar sambil sistematis pengembangan dan pembuatan produk.

3. Fakta Berbasis Pengambilan Keputusan

  • Prinsip penting dalam TQM adalah untuk membuat keputusan berdasarkan fakta yang beralasan dan tidak memungkinkan faktor acak menjadi sangat menentukan.
  • Perhatian panggilan ke pentingnya pengetahuan tentang variasi dan kemampuan untuk menangani dan mengendalikan variasi.

4. Fokus pada Proses

  • Banyak karya dalam sebuah organisasi dapat dipandang sebagai proses, yang berarti urutan berulang dari kegiatan. Tujuan dari proses ini adalah untuk menghasilkan produk atau jasa, yang harus memuaskan pelanggan.
  • Proses ini menghasilkan data yang menunjukkan seberapa baik proses ini memuaskan pelanggannya. Ini berarti bahwa kita tidak boleh memandang setiap bagian dari data, misalnya keluhan pelanggan, sebagai sesuatu yang unik tetapi bukan sebagai bagian dari statistik, yang dapat memberikan informasi tentang seberapa baik proses bekerja dan bagaimana dapat ditingkatkan.

5. Perbaikan terus menerus

  • Tidak cukup untuk sebuah organisasi untuk berbuat lebih baik daripada itu sebelumnya. Eksternal yang menuntut wajah organisasi terus meningkat.
  • Konsekuensinya, organisasi perlu untuk terus berusaha meningkatkan kualitas produk dan proses. Perbaikan terus-menerus proses mengarah pada kepuasan pelanggan, juga menyebabkan cacat lebih sedikit.
  • Siklus Deming, atau PDSA-siklus, adalah sebuah model untuk analisis proses dan berfungsi sebagai simbol untuk perbaikan terus-menerus. The PDSA siklus terdiri dari empat fase; plan, do, belajar dan bertindak.

6. Semua orang Komitmen

  • Semua karyawan organisasi harus dilibatkan dalam pekerjaan kepuasan pelanggan dengan kualitas terus ditingkatkan. Komitmen semua orang berarti bahwa perbaikan terus-menerus harus dilakukan di mana-mana dalam proses dan bahwa keterlibatan seluruh karyawan di setiap tingkatan harus difasilitasi.
  • Mendidik dan melatih semua karyawan memberikan pengetahuan yang dibutuhkan pada misi, visi, arah, dan strategi organisasi.

Tidak ada komentar: